Kamis, 16 April 2020

Kilas Sejarah Nabi Muhammad singkat kelas 7


NABI MUHAMMAD SAW
1.      Masayarakat Arab pra Islam Semenanjung Arabia, sebuah kawasan dimana Islam dilahirkan. Jazirah ini berbentuk empat persegi panjang yang sisinya tidak sejajar, terletak di sebelah Barat Daya Asia. Disebelah Barat berbatasan dengan laut Merah, di sebelah Selatan dengan lautan Hindia, disebelah Timur dengan teluk Arab dan di sebelah Utara dengan Irak dan Syria.
2.      Di wilayah Hejaz inilah Islam dilahirkan. Hejaz dilihat dari segi sejarahnya merupakan pusat lahirnya agama besar, misalnya agama Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahimlah yang membangun Ka’bah di sekitar sumur zamzam pemberian Allah SWT.
3.      bahwa sebelum agama Islam datang, masyarakat Arab menyembah berhala, terdapat sekitar 360 patung berhala yang disembah. Diantaranya yang terbesar adalah: Latta Uzza dan Manat. Zaman sebelum lahirnya agama Islam di tanah Arab disebut masa jahiliyah
4.      Orang Arab mempunyai kebiasaan buruk yaitu antara lain :
a.       Memandang rendah derajat manusia, dan membunuh bayi-bayi perempuan yang baru lahir. Wanita diperjual-belikan untuk menjadi pelampiasan nafsu laki-laki.
b.      Suka minum khomer yang memabukkan;
c.       Suka berjudi, mencuri, merampok dan menghalalkan segala cara untuk mewujudkan keinginan;
d.      Menyembah berhala, yang diletakkan disetiap rumah dan sudut kota. Berhala yang diagungkan oleh mereka adalah latta uzza dan lain-lain.
e.       Membunuh anak perempuan sejak nenek moyang karena takut akan mendatangkan aib bagi keluarga dan takut kelaparan.
f.       Suka peperangan. Peperangan antar kabilah dapat terjadi hanya karena perkara sepele. Misalnya seseorang dari satu kabilah menghina anggota kabilah lainnya, perbedaan pendapat berkenaan dengan hak-hak perorangan yang segera melibatkan kabilah masing masing.
5.      Nabi Muhammad dilahirkan dari keluarga bani Hasyim serta dari keluarga terhormat tapi relatif miskin. Nama ayahnya adalah Abdullah dan ibunya adalah Aminah. Beliau adalah seorang rasul yang terakhir, lahir pada hari senen 12 Rabiul awal tahun gajah. Ketika dalam kandungan ibunya, ayahnya meninggal Dunia. Ketika beliau berusia enam tahun ibunya pun meninggal Dunia sehingga beliau menjadi yatim piatu. Beliau diasuh kakeknya bernama Abdul Muttholib, namun setelah dua tahun kakeknya meninggal kemudian diasuh oleh pamannya Abu Thalib.
6.      Kronologi Kehidupan Nabi Muhammad Saw Tahun dan peristiwa penting yang terjadi semasa kehidupan Nabi Muhammad saw adalah sebagai berikut:
·         569: meninggalnya ayah, Abdullah
·         570: tanggal lahir (perkiraan), 20 April: Mekkah
·         570: tahun gajah, gagalnya Abrahah menyerang Mekkah
·         576: meninggalnya ibu, Aminah
·         578: meninggalnya kakek, Abdul Muthalib
·         583: melakukan perjalanan dagang ke Suriah
·         595: bertemu dan menikah dengna Khadijah
·         610: wahyu pertama turun: Mekkah
·         610: Ditunjuk sebagai nabi: Mekkah
·         613: mulai menyebarkan Islam kepada umum: Mekkah
·         614: mendapatkan pengikut: Mekkah
·         615: hijrah pertama ke Habasyah
·         616: boikot Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Muhammad dimulai
·         619: boikot Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Muhammad selesai
·         619: tahun kesedihan: Khadijah dan Abu Thalib meninggal
·         620: Isra’ dan Mi’raj
·         621: Bai’at Aqabah pertama
·         622: Bai’at Aqabah kedua
·         622: hijrah ke Madinah
·         624: pertempuran badar
·         624: pengusiran Bani Qainuqa’
·         625: perang Uhud
·         625: pengusiran Bani Nadir
·         626: penyerangan ke Dumat al-Jandal: Suriah
·         627: pertempuran Khandak
·         627: penghancuran Bani Quraizhah
·         628: perjanjian Hudaibiyah
·         628: melakukan umrah ke Ka’bah
·         628: pertempuran Khaibar
·         629: melakukan ibadah haji
·         629: pertempuran Mu’tah
·         630: pembukaan kota Mekkah
·         630: pertempuran Hunain
·         630: pendudukan Thaif
·         631: menguasai sebagian besar jazirah Arab
·         632: pertempuran Tabuk
·         632: haji Wada’
·         632: meninggal (8 Juni) di Madinah
7.      Wahyu pertama turun, Nabi belum diperintah untuk menyeru umat manusia menyembah dan mengesakan Allah SWT. Jibril tidak lagi datang untuk beberapa waktu lamanya. Pada saat sedang menunggu itulah kemudian turun wahyu yang kedua (Qs. Al–Mudatstsir:1-7) yang menjelaskan akan tugas Rasulullah SAW yaitu menyeru ummat manusia untuk menyembah dan mengesakan Allah SWT. Rasulullah SAW mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi. Dakwah pertama beliau adalah pada keluarga dan sahabat-sahabatnya. Orang pertama yang beriman kepada-Nya ialah Siti Khodijah (isteri Nabi), disusul Ali bin Abi Thalib (putra paman Nabi) dan Zaid bin Haritsah (budak Nabi yang dijadikan anak angkat). Setelah itu beliau menyeru Abu Bakar (sahabat karib Nabi). Kemudian dengan perantaraan Abu Bakar banyak orang orang yang masuk Islam. Assabiqunal awwalu adalah sahabat nabi yang masuk islam generasi pertama, yaitu : Khadijah binti Khuwailid., Zaid bin Haritsah, Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar Al-Shiddiq, Bilal bin Rabah,Ummu Aiman, Hamzah bin Abdul Muthalib, Abbas bin Abdul Muthalib.
8.      Tiga tahun lamanya Rasulullah SAW melakukan dakwah secara rahasia. Kemudian turunlah firman Allah SWT, surat Al-Hijr:94 yang emerintahkan agar Rasulullah berdakwa secara terang terangan. Pertama kali seruan yang bersifat umum ini beliau tujukan pada kerabatnya, kemudian penduduk Makkah baik golongan bangsawan, hartawan maupun hamba sahaya.
9.      Adapun cara-cara yang dilakukan orang Quraisy dalam melancarkan permusuhan terhadap Rasulullah SAW dan pengikutnya sebagai berikut:
a.   Mengejek, menghina dan menertawakan orang-orang Muslim dengan maksud melecehkan kaum muslimin.
b.   Mengejek ajaran Nabi, membangkitkan keraguan, menyebarkan anggapan-anggapan yang menyangsikan ajaran Nabi.
c.      Melawan Al-Qur’an dengan dongeng-dongeng orang-orang terdahulu.
d.     Menyodorkan beberapa tawaran pada orang Islam yang mau menukar keimanannya dengan kepercayaan orang kafir Quraisy.
10.  Hijrah dari Makkah ke Madinah bukan hanya sekedar berpindah dan menghindarkan diri dari ancaman dan tekanan orang kafir Quraisy dan penduduk Makkah yang tidak menghendaki pembaharuan terhadap ajaran nenek moyang mereka, tetapi juga mengandung maksud untuk mengatur potensi dan menyusun srategi dalam menghadapi tantangan lebih lanjut, sehingga nanti terbentuk masyarakat baru yang didalamnya bersinar kembali mutiara tauhid warisan Ibrahim yang akan disempurnakan oleh Nabi Muhammad SAW melalui wahyu Allah SWT
11.  Nabi membangun masyarakat Madinah diawali dengan membangun masjid, mempersaudarakan kaum muhajirin dan anshar, perjanjian saling membantu kaum muslim dan non muslim, Melaksanakan dasar politik, ekonomi dan sosial untuk masyarakat baru
12.  Pelajaran yang dapat diambil dari perjuangan dakwah Nabi adalah jiwa yang teguh, tabah dan sabar, sikap bijaksana, sikap tegas, ahlak mulia dan tawakal kepada Allah
13.  Misi diutusnya Rasulullah adalah untuk menyempurnakan akhlak, untuk membangun manusia mulia dan bermanfaat, dan sebagai rahmat untuk seluruh alam



0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. ZUKRA SMPN3PPU - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz