Kamis, 16 April 2020

Salat Jama dan Qasar kelas 7


SHALAT JAMA’


Jama' berasal dari bahasa Arab jama'ah yang berarti mengumpulkan atau menggabungkan. Shalat jama' artinya menggabungkan dua shalat fardlu yang dikerjakan dalam satu waktu, Qashar juga berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti memendekkan atau meringkas.

Rukhshah,  dalam keadaan tertentu, Islam memberikan keringanan untuk menjalankan kewajiban tertentu, misalnya kewajiban shalat. Dalam keadaan normal, kewajiban mendirikan shalat telah ditentukan waktu dan jumlah raka'atnya, tapi ketika kita sedang berada dalam perjalanan, kewajiban shalat tersebut dapat dikerjakan dengan jama' dan qashar. Menjama' dan mengqashar shalat merupakan rukhshah atau keringanan yang ditentukan Islam.

Sebab-sebab Jama’ Rukhshah diperbolehkan melaksanakan shalat Jama' dan Jama’ Qashar berlaku bagi orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) Ketentuan ini didasarkan pada al-Qur' Surat An-Nisaa' ayat 101, sebagai berikut :
وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الأرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِينًا (١٠١)
"Dan apabila kamu sekalian bepergian di muka bumi, Maka tidaklah Mengapa kamu sekalian men-qashar sembahyang(mu), jika kamu sekalian takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu".
عَنْ ابْن ِعَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيّ َصَلَّى اللَّه ُعَلَيْه ِوَسَلَّمَ: صَلَّى بِالْمَدِينَةِ سَبْعًا وَثَمَانِيًاالظُّهْرَوَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ فَقَالَ أَيُّوبُ: لَعَلَّه ُفِي لَيْلَةٍ مَطِيرَةٍ
"Dari Ibnu 'Abbas, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam pernah melaksanakan shalat di Madinah sebanyak tujuh dan delapan, yaitu shalat Zhuhur, 'Ashar, Maghrib dan 'Isya'." Ayyub berkata, "Barangkali hal itu ketika pada malam itu hujan."

Waktu shalat yang boleh di jama’, yaitu:Shalat dhuhur dan ashar; Shalat dluhur dan ashar boleh di laksanakan dalam satu waktu, apabila ada sebab-sebab yang membolehkannya. Contoh: Melaksanakan shalat dluhur dan ashar, dilaksanakan dalam waktu shalat dluhur. Untuk raka’at sama seperti shalat biasa (dluhur 4 raka’at dan ashar 4 raka’at) begitu pula sebaliknya.Shalat magrib dan isya’Shalat magrib dan isya’ boleh di laksanakan dalam satu waktu, apabila ada sebab-sebab yang membolehkannya. Contoh: Melaksanakan shalat magrib dan isya’, dilaksanakan dalam waktu shalat dluhur, Untuk raka’at sama seperti shalat biasa (magrib 3 raka’at dan isya’ 4 raka’at) begitu pula sebaliknya.

Shalat qashar berarti shalat yang diringkas jumlah raka'atnya dari 4 raka'at menjadi 2 raka'at. Adapun shalat Jama’ Qashar adalah menggabungkan dua shalat fardlu yang dikerjakan dalam satu waktu dan sekaligus meringkas jumlah raka'atnya.
Shalat yang boleh di Qashar; Shalat yang boleh diqashar (diringkas jumlah raka’atnya dari 4 raka’at menjadi 2 raka’at) adalah: Shalat dhuhur; Shalat dluhur yang berjumlah 4 raka’at boleh di qashar menjadi 2 raka’at, sehingga dalam melaksanakan shalat dluhur (qashar) 2 raka’at.; Shalat ashar; Shalat ashar yang berjumlah 4 raka’at boleh di qashar menjadi 2 raka’at, sehingga dalam melaksanakan shalat ashar (qashar) 2 raka’at.; Shalat isya’Shalat isya’ yang berjumlah 4 raka’at boleh di qashar menjadi 2 raka’at, sehingga dalam melaksanakan shalat isya’ (qashar) 2 raka’at.
Shalat jama’ qashar;  (menggabungkan dua shalat fardlu yang dikerjakan dalam satu waktu dan sekaligus meringkas jumlah raka'atnya) perlu kalian perhatikan waktu yang boleh dijama' qashar, yaitu: Shalat dhuhur dengan ashar dikerjakan dalam satu waktu dengan jumlah raka'at dhuhur dua raka'at dan shalat ashar dua raka'at. Shalat maghrib dan isya’ dikerjakan dalam satu waktu dengan raka'at shalat maghrib tetap tiga raka'at sedangkan shalat isya’ dikerjakan dua raka'at.

Tata cara shalat Jama’ dan Qashar; Shalat jama' dapat dikerjakan pada waktu shalat yang pertama (didahulukan) dan dapat pula dikerjakan pada waktu shalat yang kedua (diakhirkan). Shalat jama' yang dikerjakan pada waktu shalat yang pertama (didahulukan) disebut jama taqdim, misalnya menjama' antara shalat dhuhur dengan shalat ashar dikerjakan pada waktu dhuhur. Shalat jama' yang dikerjakan pada waktu shalat yang kedua (diakhirkan) disebut dengan jama' ta'khir, misalnya menjama' antara shalat dhuhur dengan shalat ashar dikerjakan pada waktu shalat ashar, perhatikan penyajian tentang shalat jama' dan qashar pada tabel berikut:
No
Shalat yang dijama’
Waktu mengerjakan
Nama jama’
1
Dhuhur dan ashar
Dhuhur
Jama’ taqdim
2
Dhuhur dan ashar
Ashar
Jama’ta’khir
3
Maghrib dan isya’
Maghrib
Jama’ taqdim
4
Maghrib dan isya’
Isya’
Jama’ ta’khir
kamu sekalian juga perlu memahami dengan jelas, berapa jumlah raka’at masing-masing apabila dijama’ qashar. Perhatikan tabel berikut:
No
Shalat yang dijama’
Waktu mengerjakan
Nama jama’
1
Dhuhur dan ashar
Dhuhur
2 raka’at
2
Dhuhur dan ashar
Ashar
2 raka’at
3
Maghrib dan isya’
Maghrib
3 raka’at
4
Maghrib dan isya’
Isya’
2 raka’at


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. ZUKRA SMPN3PPU - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz