Kamis, 16 April 2020

Meneladani sifat sahabat Khulafaurrasyidin kleas 7


KHULAFAUR RASYIDIN
1.       Khalifah adalah sistem pemerintahan yang dijalani oleh penganti Nabi Muhammad SAW
2.       Khulafaur rasyidin adalah pemerintahan yang didasarkan kepada petunjuk al-Quran dan sunnah rasulullah
3.       Sahabat nabi yang memerintah dengan sistem khulafaur rasyidin adalah: Abu Bakar as-Shidiq, Umar bin Khatab, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalab
4.       Abu Bakar as-Shidiq nama lengkapnya Abdullah bin Abi Quhafa at-Tamimi, dikenal juga Abdul Ka’bah. Sebutan Abu Bakar karena orang yang paling awal memeluk Islam. As-Shidiq sebutan dari Rasulullah karena orang yang membenarkan peristiwa isra miraj. Ia lahir tahun 573 M
5.       Abu Bakar mengislamkan Usman bin Affan, Usman bin Mazhun, Abu Ubaidillahbin Jarrah, Abudur Rahman bin Auf, AbusSalam bin Abdul As’ad, Saad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, dan Arqam bin Abi Arqam
6.    Abu Bakar terpilih untuk memimpim kaum Muslimin setelah Rasulullah disebabkan beberapa hal: a. Dekat dengan Rasulullah baik dari ilmunya maupun persahabatannya. b.Sahabat yang sangat dipercaya oleh Rasulullah. C. Dipercaya oleh rakyat, sehingga beliau mendapat gelar As–Siddiq, orang yang sangat dipercaya. D. Seorang yang dermawan. E. Abu Bakar adalah sahabat yang diperintah Rasulullah SAW menjadi Imam Shalat jama’ah. F.Abu Bakar adalah termasuk orang yang pertama memeluk Islam (Fachruddin, 1985:19-20).
7.        Ini pidato Abu Bakar setelah dipilih sebagai khalifah : “Saudara-saudara, hari ini kalian telah mempercayakan kepada saya sebagai pemimpin kalian meski saya bukanlah yang terbaik di antara kalian. jika saya bertindak benar, bantulah, tetapi jika saya bertindak salah luruskanlah. Kejujuran adalah kepercayaan dan kebohongan adalah penghianatan. Orang-orang yang lemah di antara kalian, akan menjadi kuat di mata saya. saya akan memberikan hak mereka, insya Allah. Orang-orang yang kuat di mata kalian, adalah lemah di mata saya, saya akan mengambil hak-hak mereka, insya Allah. Siapa pun yang meninggalkan perjuangan Tuhan akan menimpakan kehinaan atas mereka. Jika kejahatan telah menyebar, Tuhan pasti akan menimpakan bencana atas mereka. Patuhilah saya sepanjang saya mematuhi Allah dan rasul-Nya. Tetapi jika saya melanggarnya, maka tidak ada kewajiban kalian mematuhiku”.Kepatuhan kepada Allah dan Rasul-Nya adalah kepatuhan kepada hukum-hukum yang benar, adil dan yang menjamin kesejahteraan bagi rakyat. sebuah kaidah fiqh mengatakan: “tasharruf al-Imam ‘ala al-Ra’iyyah Manuthun bi al-Maslahah” (Tindakan pemerintah/pemimpin terhadap rakyatnya terikat dengan kepentingan rakyat).
8.       Abu Bakar memerintah selama 2 tahun (11-13 H/632-634 M)  wafat pada usia 63 tahun.
9.       Keberhasilan Abu Bakar, yaitu:
a.       Memerangi orang murtad
b.      Memberantas nabi palsu; Musailamah al Kadzab, Thulaiha al-Asadi, al-Aswad al-Ansi.
c.       Mengumpulkan dan menulis al-Quran dalam satu mushaf sebagai pelaksana adalah sahabat Zaid bin Tsabit
d.      Memperluas wilayah dakwah ke Irak dan Syam
10.   Keteladanan karakter Abu Bakar as-Shidiq, yaitu jujur, penolong dan dermawan. Selain 3 hal tersebut ia memiliki sifat rendah hati, berhati tenang, sederhana, penyabar, adil, suka bermusyawarah, dan membenarkan berita dari Rasul
11.   Umar bin Khatab, nama lengkapnya Umar bin Khatab bin Naufail keturunan Abdul Uzza al-Quraisy dari suku Adi. Ia memerintah selama 10 tahun (13-23 H/634-644)
12.   Ia memiliki sifat pemberani, tidak mengenal takut, tabah dan kemauan yang keras dan tidak mengenal kata ragu. Bahkan Nabi pernah berdoa: Ya Allah kuatkanlah Islam dengan salah satu dari dua orang yang engkau lebih cintai, yaitu antara Umar bin Khatab dan Abu Jahal (HR,Tirmizi dari Ibnu Umar)
13.   Prestasi Khalifah Umar bin Khatab: perluasan dakwah Islam, mengatur administrasi pemerintahan dengan tertib.
14.   Keteladanan Umar bin Khatab: keberanian menyampaikan kebenaran, bermusyawarah dan bijaksana, adil, toleran, sederhana, jujur.
15.   Khalifah Usman bin Affan  memerintah selama 12 tahun sejak 23-35 H/644-656 M, nama lengkapnya Usman bin Affan bi Abil Ash bin Umayyah bin abdi Syam bin Abdil Manaf dari suku Quraisy lahir tahun 576 M. Ia meninggal dibunuh oleh al-Ghafiqi dikenal dengan finah al-Kubra
16.   Prestasi Usman bin Affan : memperluas dakwah Islam, mengganti gubernur-gubernur diwilayah yang ingin memisahkan, Memperbanyak naskah al-Quran yang dikenal dengan mushaf Usmani dengan 7 eksemplar  dikirim ke Syam, Yaman, Bahrain, Basrah dan Kafah, Membangun perekonomian dan menyempurnakan administrasi, membangun administrasi negara, membentuk angkatan laut, membangun jalan dan jembatan, membangun masjid dan memperluas masjid Nabi di Madinah.
17.   Sifat keteladanannya: dermawan, adil, jujur, sederhana dan diplomatik
18.   Ali bin Abi Thalib memerintah selama 6 tahun, tahun 35-40 H/565-661 M  dengan pemerintahan yang gejolak. Ia memindahkan Ibu kota dari Madinah ke Kufah.  Terjadi perang Jamal, yaitu perang antara Ali dengan Aisyah, Zubair dan Thalhah dengan naik unta, dimenangkan oleh Ali. Ali kemudian perang dengan Muawiyah di Siffin diakhiri dengan Tahkim(arbitrase) melahirkan 3 golongan, yaitu Muawiyah, Syiah dan Khawarij.  Nama lengkapnya Ali bin Abi Thalib bin abdul Muthalib bin Abdul Manaf. Ali meninggal dibunuh oleh orang Khawarij yang bernama Abdulah bin Muljam.
19.   Prestasi khalifah Ali: perluasan dakwah Islam sampai bagian Barat India, membangun kota Kuffah, penyusun dasar-dasar ilmu nahwu, dibidang politik mengganti gubernur yang membrontak.
20.   Sifat teladan Ali: cerdas/pandai, pemberani, sabar, tabah, pemberani dan gagah perkasa.



0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. ZUKRA SMPN3PPU - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz